event game maker bagian tiga

Posted by abdul azis On Selasa, 06 Juli 2010 4 komentar

Event Game Maker - bagian tiga
Tutorial game maker kali ini merupakan akhir pembahasan dasar mengenai menu Event di game maker. Event yang akan di bahas pada tutorial ini adalah Other Event, Drawing event, Key Pressed dan Key Released Event.

No More Lives : Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian di dalam game maker yang terjadi pada saat semua nyawa karakter telah habis terpakai, event ini biasanya di gunakan untuk menampilkan layar game over,dll.

No More Health : Event ini jarang saya gunakan karena fungsinya sangat terbatas, saya mengganti event ini dengan sistem varibel ( pembahasan mengenai variable akan di bahas pada game maker tutorial selanjutnya.

End of Animation : Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat animasi suatu objek berakhir, event ini hanya efektif digunakan bila sprite yang digunakan mempunyai lebih dari satu subimage.

End of path : Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi ketika suatu objek mencapai batas dari suatu path yang sudah di tentukan ( pembahasan mengenai path akan di bahas pada tutorial game maker selanjutnya).

Close Button : Event ini hanya akan berfungsi jika kita mendisable fungsi “ treat close button as key yang ada pada global game setting---) other.
User Definied : Tidak ada penjelasan untuk Use definied karena event ini di buat dan didefiniskan oleh kamu sendiri dengan menggunakan keahlian gml kode.

Drawing event
Event ini berfungsi untuk menggambar suatu objek , misalnya Health suatu karakter, menggambar poligon ( dalam game 3D ) , dan segala sesuatu yang berhubungan dengan gambar dan settingnya.

Key pressed dan Key Released Events
Kedua event ini fungsinya hampir sama dengan Keyboard Event, di bawah ini merupakan perbedaan diantara ketiga event tersebut.
Keyboard Event : Fungsi ini akan terjadi bila pemain menekan dan menahan tombol, event ini biasanya digunkan untuk menggerakan pemain.
Key Pressed Event: Fungsi ini akan terjadi hanya satu kali yaitu tepat pada saat tombol ditekan sehingga mempunyai jeda waktu, event ini berfungsi untuk membuat karakter dapat menembakan projektil atau peluru kepada musuh.
Key Released Event: Fungsinya merupakan kebalikan dari key pressed event, sehingga event ini akan terjadi bila pemain berhenti melepaskan tombol.

4 komentar:

Hybrid car mengatakan...

Sudah mulai mengerti bos... :)

Mdz mengatakan...

Lanjutkan broo :D

dzhoeLakhers mengatakan...

gan, tahu gak cara buat event biar bisa berfungsi touch di android,.pada saat dijaLankan di device android,.
heLp,.
thanks

Anonim mengatakan...

Solid Pinball Engine Example bagaimana membuat nya ya

Posting Komentar

Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!

terima kasih....,