membuat event dalam game maker

Posted by abdul azis On Selasa, 06 Juli 2010 22 komentar

Membuat Event dalam Game Maker
Pada tutorial game maker sebelumnya kamu telah memepelajari mengenai bagaimana membuat objek dalam game maker. Lalu, pada tutorial game maker kali ini kamu akan mempelajari bagaimana Membuat event dalam suatu objek.

Untuk membuat Event caranya cukup mudah yaitu masuk ke menu objek lagi, lalu klik add event. Di bawah ini merupakan penjelasan fungsi-fungsi tombol yang ada pada menu event.

Create Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu event ( kejadian) ketika suatu objek tersebut dibuat. Menu ini biasanya digunkan untuk membuat variable objek dalam game.

Destroy Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian ketika suatu objek dihancurkan dalam game, menu ini jarang di pergunkan karena menu ini bisa di wakili oleh Action “Destroy Instance”.

Alarm Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang kita telah set waktunya, (pembahasan yang lebih terperinci akan di bahas pada tutorial selanjutnya).

Step Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yan terjadi di saat suatu objek melakukan gerakan misalnya bergerak, melompat, atau menembak. Jika kamu mengetahui gml atau bahasa pemrograman game maker, maka menu ini sangat efektif untuk membuat perintah perintah menu “action” menjadi lebih singkat dan terorganisir.

Collision Event
Dalam game maker, menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi persis ketika suatu objek bertumbukan atau menyentuh objek lain. Menu ini sangat efektif untuk membuat kejadian seperti apakah yang terjadi bila peluru menyentuh karakter, atau bila karakter menyentuh power-up atau item.

Keyboard Event
Sesuai dengan namanya, menu ini berfungsi untuk membuat kejadian yang terjadi ketika suatu tombol di keyboard di tekan, misalnya bila keyboard di tekan maka akan membuka jendela inventory atau arah panah untuk menggerakan pemain.

22 komentar:

MAGADZALI mengatakan...

nggak ngerti aku..............

Anonim mengatakan...

sama...aku jg gw ngerti

tapi mantaps lah bro

Reinaldo Calvinz mengatakan...

Pusing, tapi coba ngertiin aja deh. hehe
ngomong2, nice info. THX

Anonim mengatakan...

THank info x

hybrid car mengatakan...

Agak sedikit bingung, tapi lanjtkan gan... :)

Anonim mengatakan...

gak ngertiiiiiiiiiiiiii

Anonim mengatakan...

haaha kok semua bilang gk ngerti,
kalo gitu sama.

rasyid pratama mengatakan...

Mas destroy itu kan sebenarnya jika karakter tersebut hancur ,hancurnya dengan cara apa ,atau dengan cara meledak,muncul tulisan,ataupun sebagainya.

tutorial mengatakan...

Mas, dikasih screen shoot biar teman-teman disini lebih mudeng.

Soft mengatakan...

Sip paham...
Makasih infonya mas..

Mdz mengatakan...

kalo langsung praktek bisa paham.. Lanjutkaaannnn.. makasih bro ;)

Anonim mengatakan...

gk ngerti

Anonim mengatakan...

lanjutttt

Rinaldi Andrias mengatakan...

gan tutorialnya bahasanya baku banget susah dimengerti and ngejelasinnya ga pake screenshot jadi kaya pasif banget penjelasan artikelnya klo buat yg udh biasa make game maker sih pasti ngerti tapi kalo buat orang-orang kaya gue masih amatir kan ga mudeng gan

Clementius Wesley mengatakan...

bingung nih

Anonim mengatakan...

kucobalah mengerti dikit lae

putu ary sukma bayu mengatakan...

te he mantap lah gan

Anonim mengatakan...

Lumayan ribet ya gan.. Akan coba saya pahami dan terapkan

Anonim mengatakan...

mas gmna cara nya buat lakon di ikuti musuh
thx

Yahya Ibrahim mengatakan...

alarm event yang dimana?

Anonim mengatakan...

sambil merangkak ni..ga pernah tau bikin game android

Ahmad Suriansyah mengatakan...

Alarm event itu urutannya ada di bawah event Destroy..
Fungsi nya sbgai pengatur jeda waktu dalam sebuah action.

Posting Komentar

Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!

terima kasih....,