variable dalam game maker language

Posted by abdul azis On Kamis, 28 April 2011 3 komentar

Mengenal variable dalam Game Maker Language ( GML )
Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mempelajari mengenai hakikat dan fungsi dari GML
( Game Maker Language ).

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa GML adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Mark Overmars sebagai bahasa penunjang untuk software buatannya, yakni “Game Maker” yang tujuannya agar software buatannya tersebut mampu membuat game dengan lebih baik.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mempelajari mengenai GML dengan lebih mendalam. Terdapat banyak sekali istilah-istilah yang harus kita pahami dalam GML ini, salah satunya adalah Variable.

Secara singkat, Variable adalah sebuah kode yang digunakan untuk menyimpan informasi. Variable mampu menyimpan informasi baik berupa sebuah bilangan ( real value ) ataupun sebuah kalimat ( text / string ).

Membuat variable dalam GML sangatlah mudah, contoh :
score = 0
Artinya : kita membuat sebuah variable yang bernama score dan men-setting nilai variable score tersebut sama dengan 0 (nol).
bullet = 1
Artinya : Kita membuat sebuah variable yang bernama bullet dan men-setting nilai variable score tersebut sama dengan 1 (satu).
health = 100
Artinya : Kita membuat sebuah variable yang bernama health dan men-setting nilai variable score tersebut sama dengan 100 (Seratus).

Fungsi variable dalam sebuah pembuatan sebuah game sangatlah penting, karena dengan adanya variable ini, kita bisa mengatur dan menyimpan berbagai informasi yang penting yang sangat dibutuhkan oleh game, contohnya :
- untuk menyimpan jumlah score pemain.
- menyimpan jumlah live (nyawa) yang pemain punya,atau
- menyimpan informasi mengenai sisa health (darah) sebuah musuh.

3 komentar:

Mas Blogger mengatakan...

Buat script game ini yang rumit.. T_T
TUTORIAL GAME CASHFLOW

Camielia Leaf mengatakan...

ada yang lain?

Rayy mengatakan...

rayya-riziq-blogger.blogspot.com

Posting Komentar

Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!

terima kasih....,