berkenalan dengan game maker language

Posted by abdul azis On Kamis, 24 Maret 2011 15 komentar

Apakah yang dimaksud dengan game maker language ?
Game maker language atau yang biasa disingkat dengan gml, adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Mark Overmars sebagai bahasa penunjang untuk software buatannya yakni Game Maker.

Game maker language ini mampu memberikan akses bagi para pembuat game ( baik pemula atau yang sudah mahir ) untuk membuat serta mengembangkan game buatannya sendiri dengan cepat dan mudah.


Pada tutorial game maker kali ini kita akan mempelajari mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah script ( kode / perintah ) dengan menggunakan gml tersebut.

Pada dasarnya, hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan script gml ini sangatlah sederhana, yaitu :

1 . Pemberian nama pada resources ( sprites, sounds, objects, dll)
Ini merupakan salah satu hal yang harus kita cermati, pemberian nama untuk resources yang nantinya akan kita gunakan dalam script gml ini haruslah memenuhi kaidah-kaidah (peraturan) pemberian nama yang tepat. Misalnya :

1). Huruf pertama untuk setiap resources haruslah diawali dengan huruf ( a - z ), dengan kata lain ini resources tidak boleh diawali oleh angka ( 0-9 ).
2). Nama sebuah resources tidak boleh ada spasi, sehingga untuk tanda spasi kita bisa menggantinya dengan menggunakan underscore ( _ ).
3. Nama sebuah resources hanya boleh menggunakan huruf ( a-z), angka ( 0-9) serta underscore ( _ ), sehingga tidak diperbolehkan untuk menggunakan special character seperti tanda seru ( ! ) ataupun tanda tanya ( ? ) , dll.

2. Hindari penggunaan Reserved word
Reserved word adalah sekelompok kata dalam bahasa pemrograman yang telah memiliki arti tertentu. Dibawah ini merupakan contoh kata-kata yang tergolong reserved words :

1). if
2). for
3). while
4). continue.
5). exp
6). global
7). ceil, dll.

Jika kita mencermati pernyataan-pernyataan diatas secara teliti, kita bisa menyimpulkan bahwa ternyata hal-hal yang harus kita perhatikan sebenarnya sangatlah sederhana. Kita tidak perlu terlalu pusing untuk memberikan nama dalam resources, hanya saja yang terpenting adalah nama yang kita berikan tersebut mudah dipahami dan mudah diiingat oleh kita.

15 komentar:

Kuroda_Kenta mengatakan...

om mo nanya, ini kan aq lagi bikin game industriq sendiri, mo q tambahin video. kira2 bisa?

Your Solution mengatakan...

thanks gan,,

Anonim mengatakan...

KK

Anonim mengatakan...

gk apa apa kalau menggunakan resevered word


Ozora mengatakan...

bos...saya masih bingung...selama berminggu-minggu.,.saya pahami semua web yang memberi pengarahan.,tapi saya ga mudeng...tolong buatin game simpel aja...yang penting bisa bergerak.,nanti codingnya /scripnya saya pelajari.,.

dwi budi utomo mengatakan...

sebenrnya untuk apa sih reserved word itu secara di GameMaker kan sudah bnyk tools yang bis di pake untuk game tanpa harus tulis2 listing code......kalo bisa nih mas bisa gak buat ulasan tentang kegunaan dari code script yang ada di GM ini. saya sedikit ngerti tentang bahasa C++ tapi saya masih sedikit bingung kalo mau pake scriptcode di game maker,bisa tolong di bantu

Hmmm contoh aja yah image_blend=45264754; itu untuk apa??

Unknown mengatakan...

buat suatu evetnt biar lebih menarik..
biasa nya di NPC sering digunakan, buat suatu quest atau percakapan>>

Unknown mengatakan...

apa yang saya perlu mahir sebelum mempelajari game maker language ini?

Unknown mengatakan...

ada sesiapa yg bole beri jawapan?

created app mengatakan...

what do you mean whit reserved word,,, ??? and why i don't used it?
c

TonoMaryono mengatakan...

salam jumpa sob... dan salam bloger untuk semuanya.... terutama untuk blog tutorial-gamemaker..... aku tdk akan panjng lebar sob aku hnya mo nanya Bagai mana membuat script menu button tapi dengan mouse.. dan si button itu bilamana di tunjuk mouse... membesar dan kalo tidak di tunjuk mengecil... begitu Gan.. tanks sebelumnya.. kunjungi ya.. Gan.. http://ajigolok.blogspot.com siapa tahu agan agan minat... hehehe..

Ahmad mengatakan...

No balasan,,no coment!!

Anonim mengatakan...

My Name is Danang Sugiarto.

Dewa Poker Online mengatakan...

bagus informasinya mudah dimengerti..
tq min

Agen DominoQQ mengatakan...

makasih infonya min...

Posting Komentar

Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!

terima kasih....,