fungsi alarm dalam game maker

Posted by abdul azis On Kamis, 29 Juli 2010 5 komentar

Apakah fungsi alarm dalam game maker?
Jika kamu memperhatikan baik-baik project game yang sebelumnya telah kamu buat, maka kamu akan menyadari bahwa ketika tombol A keyboard di tekan instance obj_peluru yang keluar bukan satu per satu melainkan keluar secara tidak beraturan.

Untuk menyelesaikan masalah ini kamu bisa menggunakan fungsi alarm. Alarm dalam game maker berfungsi untuk mengatur waktu terjadinya suatu event dalam game maker, misalnya kapan pesawat bisa menembak, atau kapan musuh bisa berbelok, dan lain-lain

Langkah kerja:
1. Buka kembali project game yang sebelumnya kamu buat [fungsi instance_destroy].
2. Klik kanan obj_pesawat kemudian pilih menu properties.
3. Pada event create buatlah sebuah action baru yaitu “set variable” .
4. Pada set variable tuliskan : variable= bisa_menembak dan value=1, perhatikan gambar di bawah ini :


5. Kemudian buatlah sebuah event baru yaitu “alarm” dengan cara klik Add Event ---) kemudian klik alarm ---) dan pilih alarm0 .

6. Pada alarm0 buatlah variable yang sama persis seperti pada nomer 3 dan 4.
7. Sekarang beralih ke menu “step”, carilah execute code yang bertuliskan script seperti dibawah ini :

if keyboard_check(ord("A")){// jika tombol A pada keyboard di tekan
instance_create(x,y,obj_peluru1 ) // buatlah objek obj_peluru1 pada koordinat x,y titik origin kapal tersebut.
}

Kemudian gantilah script diatas dengan menggunkan script di bawah ini :

if bisa_menembak=1 // jika variable bisa menembak sama dengan 1
and //dan
keyboard_check(ord(”A”)) //tombol A pada keyboard ditekan
{ //maka
instance_create(x,y,obj_peluru1 ); // buatlah objek obj_peluru1 pada koordinat x,y titik origin kapal tersebut.
bisa_menembak=0; //buatlah variable bisa menembak menjadi 0
alarm[0]=10; // jika waktu 10steps sudah terlewati maka jalankan fungsi alarm0
}

Dengan menggunakan script diatas maka setiap kita menekan tombol A pada keyboard variable bisa_menembak menjadi 0 (tidak bisa menembak), lalu Setelah 10 steps telah terlewati maka alarm0 akan bekerja dan membuat variable bisa_menembak aktif kembali.

Bagi kamu yang ingin mengetahui hasil dari tutorial game maker kali ini , kamu bisa mendownload project game disini ( berbentuk .gmk) : [download project game maker]

5 komentar:

R3dell mengatakan...

tutorial yg bgus...

tpi aq ada prtnyaan nich,,
variabel i2 klo misalx diisi selain 1 gak ada efekx kan??
yg penting variabel di alarm, crate, n di step nilaix sma...

abdul azis munawar mengatakan...

Analisis Anda benar,...
memang untuk membuat sebuah variable switch yang sifatnya tunggal anda bisa mengabaikan nilai dari suatu variable,
namun jika anda membuat sebuah switch yang sifatnya paralel disarankan untuk memperhatikan nilai variabel yang diberikan...

amrul mengatakan...

MAS AZIS TOLONG KASIH TAU AGAR MUSUH DALAM GAME SCROLLING SHOTER BISA BELOK-BELOK

THNX

Kames Wara mengatakan...

Waktu 10 step itu artinya apa mas?

Kames Wara mengatakan...

Tutorial yang sangat bermanfaat..
Tapi saya mau nanya ni mas,Waktu 10 step itu artinya apa mas?
Apakah itu detik?atau saat objek kita jalankan?

Posting Komentar

Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!

terima kasih....,