Membuat Pesawat bisa menembakan peluru
Pada tutorial sebelumnya kamu telah membuat sebuah pesawat yang seolah-olah sedang terbang di udara. Lalu, pada tutorial game maker kali ini kamu akan mempelajari cara membuat pesawat yang bisa menembakan peluru.Skill yang di butuhkan untuk menyelesaikan tutorial ini :
- Memasukan sprites ke dalam game [tutorial no.2].
- Membuat objek dalam game maker [tutorial no.3].
- Membuat event dalam suatu objek [tutorial no.4].
- Membuat Script action di game maker [tutorial no.8].
Langkah Kerja :
1. Buka kembali project game sebelumnya [ membuat background scrolling shooter 2 ].
2. Buatlah / cari sebuah sprite (gambar) yang berbentuk sebuah projektil peluru. Contoh :
3. Masukan sprite peluru tersebut [klik kanan sprites ----) Create Sprite ---) Load Sprite].
4. Beri nama sprite tersebut dengan nama “peluru1” .
5. Setelah itu buatlah sebuah objek dengan menggunakan sprite “peluru1” dan beri nama objek tersebut dengan nama “obj_peluru1”.
6. Lalu, klik Add event ----) pilih Create ---) buatlah sebuah execute code dengan menggunakan script di bawah ini :
vspeed= -10; // membuat objek bergerak keatas dengan kecepatan sebesar 10.
7. Kemudian klik tanda ceklis yang berwarna hijau.
8. Klik kanan obj_pesawat ---) pilih properties.
9. Pada step event yang telah kamu buat sebelumnya, tambahkan sebuah execute code baru di bawahnya dengan menggunakan script di bawah ini :
if keyboard_check(ord(“A”))// jika tombol A pada keyboard di tekan
{//maka
instance_create(x,y,obj_peluru1)// buatlah objek obj_peluru1 pada koordinat x,y titik origin kapal tersebut.
}
10. Klik tanda ceklis warna hijau.
11 Jalankan Permainan rungame ---) run in debug mode .
12. Coba tekan tombol A pada keyboard maka, jika tidak ada kesalahan pesawat bisa menembakan sebuah projektil.
Bagi kamu yang ingin mengetahui hasil dari tutorial game maker kali ini , kamu bisa mendownload project game disini ( berbentuk .gmk) : download project game
8 komentar:
mas azis,
aq mo tanya ttg tehnik pembuatan "picking power up" pada scrolling shooter (cth kyk game raiden ato strikers 1945) itu caranya gimana? soalnya kebanyakan "power up" yg di tutorialkan tu menggunakan sistem "secore". terimakasih sebelumnya.
@ Anonim
Oh ya, untuk membuat power-up. kita cuma harus membuat sebuah variable, kemudian bila Pesawat Anda mendapat sebuah power-up, variable tersebut berubah,...
sehingga intinya adalah manipulasi variabel...
mas mau tanya script di game maker ini pake bahasa C++ ato C# ??
mas azis, lha ketika kita membuat adegan / event collision terhadap "object power" yang dirubah itu pada "object player" (event keyboard ...) apa "object power" itu sendiri?
@ anonim
Event collision adalah event yang akan terjadi bila antara dua benda atau lebih saling bertabrakan,...
untuk membuat event collision, caranya adalah Add Event ---) collision ---) pilih benda yang akan dijadikan obyek tumbukannya ---) kemudian buat script,....
mukhtar.
mas azis, cara agar pesawat bisa menembakkan super shot ( cthnya bisa dilihat di game strikers 1945 atau raiden fighters (selain raiden dan judge spear)) dan menembak kan bomb itu bagaimana? terimakasih.
Maruf
mas,
kok pelurunya keluar terus,
cara membatasi pelurunya gimana.
kalo mau nembak ke kanan gmna?
Posting Komentar
Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!
terima kasih....,