teori cara membuat karakter bergerak

Posted by abdul azis On Kamis, 15 Juli 2010 6 komentar

Teori cara membuat karakter bergerak
Pada tutorial game maker sebelumnya , kamu telah mempelajari tentang bagaimana cara membuat script di game maker. Lalu, Pada tutorial kali ini kamu akan mempelajari bagaimana cara membuat karakter yang bisa di gerakan oleh pemain.

Untuk bisa menggerakan pemain kita bisa menggunakan script motion set(dir,speed), [tekan disini untuk mempelajari cara membuat execute script di game maker ]. Di bawah ini merupakan penjelasan dari script motion set(dir,speed) :

Motion set : Script ini merupakan syntax inisialisasi yang berfungsi untuk memerintahkan objek agar melakukan motion atau gerakan yang sudah kita set (atur) .

dir : dir merupakan kependekan dari direction yang artinya arah yang berfungsi untuk menentukan arah gerakan suatu objek, dalam game maker direction mempunyai rentang nilai dari 0-360.
Nilai 0 berarti arahnya ke kanan.
Nilai 45 berarti arahnya ke kanan atas.
Nilai 90 berarti arahnya ke atas.
Nilai 135 berarti arahnya ke kiri atas.
Nilai 180 berarti arahnya ke kiri.
Nilai 225 berarti arahnya ke kiri bawah.
Nilai 270 berarti arahnya ke bawah, dan
Nilai 315 berarti arahnya ke kanan bawah.

Intinya bahwa nilai direction (dir) merupakan sebuah lingkaran yang berbentuk 360 derajat yang titik 0 derajatnya di mulai dari kanan, dan arahnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Speed : speed atau kecepatan berfungsi untuk menentukan seberapa cepat objek harus bergerak. Kamu bisa mengisi nilai speed dengan angka.

Jadi kesimpulannya bila kamu menulis script di execute script : motion set(270,7) artinya kamu memerintahkan suatu objek untuk melakukan gerakan yang arahnya ke bawah dengan kecepatan sebesar 7.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

pokoknya dir itu sama kayak lingkaran radian kan?

abdul azis mengatakan...

ya benar, analisis anda tepat. .
variabel dir itu memang sama saja dengan lingkaran radian yang sering kita pelajari di pelajaran matematika

dedy djaslim mengatakan...

pak, saya baru belajar game maker 8. saya mau tanya bagaimana character yg saya buat berjalan ke kiri-kekanan, keatas dan kebawah mengikuti kursor mouse. seperti game mario. thx

Anonim mengatakan...

ad karya yang udah jadi ....gk terimakasih

Anonim mengatakan...

//bergerak ke arah bawah//
if keyboard_check(vk_down) // jika tombol panah bawah keyboard di tekan
( //maka
sprite_index=kenbawah; // ubah pemain menjadi ken bawah
motion_set(170,5); // dengan arah ke bawah dan kecepatannya 5
)


GITU KOK ERROR YA KAKAK?

Anonim mengatakan...

//bergerak ke arah bawah//
if keyboard_check(vk_down) // jika tombol panah bawah keyboard di tekan
( //maka
sprite_index=kenbawah; // ubah pemain menjadi ken bawah
motion_set(170,5); // dengan arah ke bawah dan kecepatannya 5
)


GITU KOK ERROR YA KAKAK?

Posting Komentar

Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!

terima kasih....,