Teknik mendesain Stage game Pacman
Setelah pada tutorial game maker sebelumnya kita telah menyelesaikan bagaimana mengatur pergerakan karakter pacman dari mulai gerakan atas,bawah,kiri,kanan, sekarang saatnya kita akan mempelajari mengenai cara mendesain stagenya.
Untuk membuat stage dalam game pacman cukup mudah, cobalah ikuti step by step tutorialnya dibawah ini:1. Buka kembali project game sebelumnya [ Membuat game pacman bagian satu ].
2. Buatlah sebuah sprite baru dengan ukuran 32x32 ( sudah tersedia dalam file zip ):
3. Berilah nama sprite tersebut dengan nama”spr_tembok”.
4. Urusan mengenai sprite telah selesai, sekarang saatnya membuat objek.
5. Klik folder Object ---) Create Object, kemudian beri nama objek tersebut dengan nama obj_tembok.
6. Centang opsi solid ( fungsinya agar karakter pacman tidak bisa menembus objek solid ini ), dan ubah nilai depth menjadi 10 ( kedalaman object), kemudian klik Ok.
7. Sekarang pindah ke “obj_pacman”, klik kanan obj_pacman ---) pilih properties.
8. Buatlah sebuah Event baru yaitu “Collision” dan pilih obj_tembok sebagai objeknya.
9. Buatlah sebuah execute code di Event Collision, kemudian masukan script dibawah ini pada execute code tersebut:
sprite_index=spr_stand //ubah sprite menjadi spr_stand
speed=0 //set speed menjadi 0
10. Klik Tanda ceklis warna hijau, kemudian klik Ok.
11. Sekarang pindah ke folder room, klik kanan room stage1 ---) pilih properties.
12. Tempatkan obj_tembok dimanapun kamu suka, tetapi ingat nilai SnapX dan SnapY harus 32, agar desain stagenya menjadi rapih.
13. Sekarang coba jalankan game dengan cara: run ---) run in debug mode.
14. Selamat anda telah menyelesaikan tahap dua, sekarang game menjadi sedikit lebih baik dari sebelumnya.
Bagi kamu yang ingin mengetahui hasil dari tutorial ini, kamu bisa mendownload project gamenya di sini
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!
terima kasih....,