pacman game maker bagian empat

Posted by abdul azis On Selasa, 02 November 2010 5 komentar

Cara membuat kecerdasan buatan dalam pacman
Pada tutorial game maker sebelumnya, rasanya aneh monster-monster yang telah kita buat cuma berputar-putar ditempat, masalah tersebut dapat kita selesaikan dengan menggunakan AI (Artificial Intelligence) / kecerdasan buatan, sehingga monster-monster yang ada di game kelihatan lebih realistis.

 Cara Membuat Kecerdasan buatan musuh pacman:
1. Seperti biasa buka kembali project game sebelumnya [ pacman bagian tiga ]
2. Klik folder scripts ---) kemudian pilih create script ---) beri nama script tersebut dengan nama “scr_ai_musuh”.

3. Masukan script di bawah ini pada scr_ai_musuh:

{
if (hspeed == 0) //jika horzontal speed equivalent sama dengan 0
{ //maka
//jika nilai random kurang dari 1 dan tidak ada objek di titik koordinat x-4 dan objek musuh
if (random(3)<1 and place_free(x-4,y))
{ //maka
hspeed = -4; //set speed sebesar 4 dengan arah ke kiri
vspeed = 0; //set vspeed =0
}

if (random(3)<1 and place_free(x+4,y))
{ hspeed = 4; vspeed = 0;}
}
else
{
if (random(3)<1 and place_free(x,y-4))
{ hspeed = 0; vspeed = -4;}
if (random(3)<1 and place_free(x,y+4))
{ hspeed = 0; vspeed = 4;}
}
}

/*catatan:
Bila hspeed positif: arah ke kanan
Bila hspeed negatif: arah ke kiri
Bila vspeed positif: arah ke bawah
Bila vspeed negatif: arah ke bawah
*/

4. Klik tanda ceklis berwarna hijau.
5. Sekarang pindah ke folder object, klik kanan obj_musuh ---) pilih properties.
6. Buatlah sebuah Event baru yaitu : Step Event, kemudian buat execute code dan masukan script dibawah ini:

if place_snapped(32,32) //jika objek musuh ada di grid 32x32
{
scr_ai_musuh() //jalankan script scr_ai_musuh
}

7. Sekarang pindah ke Event Collision yang telah kamu buat sebelumnya ( collision dengan obj_tembok), klik kanan execute code tersebut.
8. Tambahkan script di bawah ini dibawah script yang sebelumnya sudah ada:

scr_ai_musuh() //jalankan script scr_ai_musuh

9. Klik tombol Ok.
10 Jalankan kembali project game yang kamu buat.
11. Sekarang musuh menjadi lebih pintar dan seolah-olah ingin mengejar pacman kita.

Seperti biasanya bagi kamu yang ingin mengetahui hasil dari tutorial ini maka kamu bisa mendownload project gamenya disini [ membuat pacman bagian empat ]

5 komentar:

rzal mengatakan...

Nice psting sippppp...............
makasih ya om ^_^

abdul azis mengatakan...

OK!

VJmaster mengatakan...

Kenapa dipake random(3)<1?Saya pernah ganti nilainya tapi musuhnya jadi bego.Maksud dari random(3)<1 itu apa?

JAWPULSA.COM mengatakan...

Mohon bantuannya mas,kenapa objek bonus yang saya buat muncul tiba-tiba nilainya tidak stabil?
Padahal sudah di set dengan pasti.

Anonim mengatakan...

The best ѕcenario; hit the cardіo in the morning - on an empty stomach - get
іn a few meals and return to the gym later in tҺe day to build muscle density.
If you include weight training in your prenatal exercise roսtine, you
get even morе benefіts. Excellent solutiօns like making a cҺoicе on lοw calorie nutritiοn and planning this meals
well remain more realistic.

my webpage; turbulence training pɗf (turbulence-training-pdf.blogspot.com)

Posting Komentar

Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!

terima kasih....,