karakter game platform bisa melompat

Posted by abdul azis On Selasa, 28 Desember 2010 9 komentar

Cara membuat mario agar bisa melompat dalam game
Dalam tutorial game maker sebelumnya, kita telah berhasil memperbaiki bug yang ada dalam game. Namun, anda pasti bertanya-tanya mengapa pada tutorial sebelumnya antara tutorial dan hasil tutorial sedikit berbeda.

Disinilah jawabannya. Pada tutorial game maker kali ini kita akan mempelajari mengenai cara menambahkan theme music tersebut, dan membuat agar mario bisa melompat dalam game tersebut.

Menambahkan music latar pada game.
1). Buka kembali project game sebelumnya [ memperbaiki bug dalam sebuah game ].
2). Karena hasilnya sudah ada, maka langkah-langkah ini bisa dijadikan sebagai referensi.
3). Download theme musicnya disini [ mario theme.zip ].
4). Klik kanan folder sounds ---) lalu pilih Create Sound ---) kemudian pilih load sound.
5). Beri nama sound tersebut dengan nama snd_sound.
6). Buat sebuah objek baru, beri nama objek tersebut dengan nama obj_setting.
7). Buat sebuah Event baru yaitu Create Event, lalu buat sebuah execute code kemudian masukan script di bawah ini

sound_loop(snd_theme) //mainkan music ini secara loop

8). Masukan objek_setting tersebut dalam room sesuai dengan kehendak anda.
9). Selesai.

Membuat karakter mario bisa melompat
1). Buatlah sebuah sprite baru yang akan digunakan untuk membuat ground platformernya, contoh :


2). Beri nama sprite tersebut dengan nama spr_land1.
3). Untuk membuat sprite yang mewakili mario ketika sedang melompat Anda bisa menggunkan contoh sprites ini:









pemberian nama sprite:
mario melompat ke arah kanan : spr_right_jump
mario melompat ke arah kiri : spr_left_jump. 


4). Sekarang pindah ke folder sounds ---) lalu klik kanan folder sounds ---) kemudian masukan file suara ini, untuk membuat suara ketika sedang melompat [ download file mario jump.wave ].
5). Beri nama file suara tersebut dengan nama snd_jump.
6). Agar suara antara theme music dan sound_effect ini seimbang, Anda bisa mengatur tinggi rendahnya suara sesuai dengan kehendak Anda.
7). Sekarang pindah ke folder objects ---) klik kanan obj_mario.
8). Buatlah sebut Event baru yaitu Create Event, kemudian masukan script di bawah ini:

dir=0 //variable untuk menandai apakah mario sedang menghadap ke kiri atau kanan.

9). Buka kembali Execute code yang ada di Step Event, kemudian tambahkan script di bawah ini di bawah script yang sebelumnya:
//untuk pengaturan nilai variable “dir” ada di Event Keyboard left dan right.
if dir=0 //jika variable dir = 0 berarti mario sedang menghadap ke kanan
{
if(place_free(x,y+5))
{
gravity=0.5 //set gravitasi sebesar 0.5
sprite_index = spr_right_jump
}
}

if dir=180
{
if(place_free(x,y+5))
{
gravity=0.5
sprite_index = spr_left_jump
}
}


if keyboard_check_pressed(ord("A")) //jika tombol keyboard A ditekan
{
if(not(place_free(x,y+9)))
{
sound_play(snd_jump) //jalankan suara snd_jump
vspeed = -9 //Anda bisa mengatur tinggi lompatan dengan mengubah nilai ini
}
}

Karena penjelasan tutorial ini masih lumayan panjang, maka saya membagi tutorial ini kedalam dua bagian, untuk membaca lanjutannya, silahkan tekan link ini:


Lanjutan: Tutorial cara membuat game Super Mario Bros - Bagian empat






9 komentar:

pasarsoftware mengatakan...

tutorialnya sangat membantu ne gan, thanks ya ^_^

Anonim mengatakan...

maaf bang azis tolong perjelas lagi tutor dinding cz dinding yang saya buat selalu tembus bahkan kadang karakternya terjebak di dinding yang sya buat padahal udah di klik solidnya

abdul azis mengatakan...

@anonim
bila saya amati, masalah yang di hadapi oleh saudara mungkin dikarenakan anda belum menerapkan tutorial bagian empat dari pembuatan game ini

karena bila saudara hanya mengikuti tutorial ini (ketiga), maka dapat dipastikan game yang dibuat oleh saudara belum selesai

silahkan lanjutkan membaca tutorialnya kang...

terimakasih.....

Akhlak'Gokil mengatakan...

Mantap!!!!!!100%

ilmiyah mengatakan...

mas, gimana kalo di folder sprite-nya ga'ada marionya?
apa bisa spritenya diambilkan di folder selain dlm aplikasi tersebut?

Hakim mengatakan...

Gan Mebuat Game Adventure Pake Pedang Bisa Ngk Gan ?

Ihzha mengatakan...

kalau misalnya saya mau ganti tombol lompatnya gimana ?

MasterRender Blog mengatakan...

Gan apa code untuk lompat dengan sprite melompat terus ketika placemeeting spritenya berubah ke down terus ke idle sprite?

Unknown mengatakan...

Yang tulisan hijau itu ditulis juga atau hanya sebagai penjelasan saja?

Posting Komentar

Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!

terima kasih....,