membuat space war dengan gamemaker

Posted by abdul azis On Minggu, 26 Juni 2011 32 komentar

Cara membuat pergerakan pesawat dalam game space war
Pada tutorial game maker kali ini, kita akan mempelajari bagaimana cara membuat game Space War dari awal pembuatannya. Game Space War yang akan kita buat ini adalah sebuah game yang bertipe shooter dengan karakter utama yaitu sebuah pesawat tempur yang harus bertahan dari serangan pesawat musuh.

Tidak seperti dalam game pesawat Shooter yang sering kita mainkan sebelumnya. Dalam game ini, kita akan menggunakan sistem pergerakan yang cukup unik, sehingga pesawat yang kita mainkan bisa bergerak full 360 derajat.

Tutorial pembuatan game ini akan saya buat sedetail mungkin, agar kita bisa mengerti dan memahami secara benar bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk membuat game Space War.

Baiklah, Hal pertama yang akan kita buat adalah bagaimana cara membuat pergerakan pesawat dalam game Space war. Dibawah ini merupakan informasi singkat mengenai Game Space War ini :

[ Information ]
Nama Game : SPACE WAR.
Tingkat kesulitan : Mudah.
Versi Game Maker : Game Maker 8 Pro Version.
Script dan variable yang digunakan :
- image_angle = script ini berfungsi untuk membuat sebuah sprite / gambar agar bisa diputar arahnya sesuai dengan nilai dan sudut yang telah kita tentukan.
- friction = Variable ini digunakan untuk membuat sebuah gaya gesekan pada benda. Dalam game ini , friction digunakan untuk membuat pesawat tidak langsung berhenti ketika tombol panah atas dilepas.
- motion_set = Script ini berfungsi untuk menggerakan pesawat kita dengan kecepatan dan arah tertentu yang sudah kita tentukan.

Seperti yang telah kita lihat pada informasi diatas, bahwa untuk membuat game Space War ini membutuhkan Game Maker 8 Pro Version. Hal ini dikarenakan, untuk membuat gambar pesawat yang bisa diputar 360 derajat dibutuhkan script image_angle.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat pergerakan pesawat dalam game Space War ini, Anda bisa mendownloadnya pada link dibawah ini :




32 komentar:

Anonim mengatakan...

mas abdul.. request cara buat level.. dari level 1 ke 2... sama fighting game

abdul azis mengatakan...

@anonim

oh untuk membuat perpindahan dari level 1 dan level 2 untuk game space war ini, nanti saya akan buat....

tapi untuk mengetahui cara perpindahan level saja, sudah ada contohnya silahkan kunjungi link dibawah ini :

http://tutorial-gamemaker.blogspot.com/2010/11/mengembangkan-game-pacman-bagian-satu.html

untuk game fighting, saya sudah buat tapi versi RPG Turn based, kalo mau nanti saya uploadkan....

satu lagi untuk request jangan memakai anonim...


terima kasih,....

NurfanaRyan (Grand Admin) mengatakan...

Kalo buat laser gmana om ?

abdul azis mengatakan...

Maksudnya laser yang seperti apa?

kalo membuat laser / senjata untuk game Space war ini, Insya Allah nanti akan saya buatkan....

terimakasih.....

NurfanaRyan (Grand Admin) mengatakan...

laser yg buat membidik gitu, buat tds

Satria mengatakan...

Pak Abdul, saya ingin buat game Ganbare Goemon, tapi saya tidak tahu caranya , Bolehkah Pak Abdul buatin Game Maker File nya kemudian saya download Filenya dari Pak Abdul?

Mushova Al Awi mengatakan...

Pak Abdul,Tolong Buatkan Game Fighting ya !

Anonim mengatakan...

gambarnya kurang lengkap

Xheuwz daxtidisix mengatakan...

kalo mau buat game di hp punya aplikasinya gag om ...... ????

Unknown mengatakan...

mas abdul .
kasi tutorial tentang cara buat game FPS sih(3D)
tutor tentang game maker 3dimensi.
soalnya aku pengen buat game perang fps. aku udah nyoba itu berhasil. tapi banyak kekurangan aku ga isa bikin musuh 3 dimensi.

Thisa Nabil mengatakan...

saya boleh bertanya ?
Sebelumnya saya pemula,apakah dengan Game maker ini saya dapat membuat game Rpg? Dengan battle space war?

Terima kasih

Hendry MPC mengatakan...

Berhasil ngebuat pesawatnya bergerak. siiip
boleh bergerak!!!
tapi nggak seru klo gk ada musuh atau gk nembak pesawatnya

Anonim mengatakan...

Sy dah buat. Di infonya dah sy cantumkan blog ini.

Boleh sy upload gak?

Unknown mengatakan...

Maap Ganggu.
Om Bisa Gk Caranya Biar Orang Bisa Bolak Balik Dan Bisa Berputar ..,.,..??
Adithya Kelas 7

Dito mengatakan...

Halo Pa Abdul, Gimana caranya membuat room baru yah?
Jadi saat kita klik tanda panah, maka dia akan muncul room baru.

Salam Kenal,
Dito.

Mas Wildy mengatakan...

Akhirnya Selesai Juga Nih Game Thanx Gan

Anonim mengatakan...

pak abdul saya masih bingung tentang kode stepnya mohon bantuannya

Unknown mengatakan...

Saya bingung, buat game GTA,semua sdh jadi tapi gimana cara masukin paswornya

Unknown mengatakan...

Saya bingung, buat game GTA,semua sdh jadi tapi gimana cara masukin paswordnya

Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa mengatakan...

.. tolong donk,, untuk pemula kayak aq gini. plizZz,, mohon bantuan nya ..

damas mengatakan...

nice gan

Anonim mengatakan...

makasih infonya................
kalo bwt game kayak ASASIN Creed NTU gmana ya??

bengkelflash mengatakan...

nice gan...
btw yang mau belajar flash, mampir sini ya..
http://www.bengkelflash.com

Bimbel Online mengatakan...

Nice Sharing gan...semoga update tutorial gamenya makin kaya...blogspot nya sederhana dan sedap dipandang...thnx gan.

Unknown mengatakan...

Saya sudah lama punya game maker tapi tak pernah di gunakan hehehehehehehehe......

Unknown mengatakan...

tolong buatkan game fighting ya

hardi mengatakan...

Alhamdulillah beruntung saya nyampai di blog ini.
saya bookmark blog ente ya.. saya mau belajar pake game maker. salam kenal bro.

Anonim mengatakan...

agar bisa shooting gimana?

Anonim mengatakan...

(Info Langka),,,

Sambil Facebook-an dapet DUIT??? SIAPA YANG
GA MAU???
INILAH CARA TERCEPAT, TERBAIK, DAN
TERPERCAYA MENGHASILKAN UANG DI FACEBOOK. DALAM WAKTU SINGKAT DAN
PASTI!!! dengan modal yang SANGAT,,SANGAT,,TERJANGKAU...
Silahkan dilihat disini,,Semoga bermanfaat dan
SUKSES UNTUK KITA SEMUA
Mau? Info Lengkap http://buzurl.com/md42

Arthristis mengatakan...

tutorialnya tambahin donk gan. .
mantap ini blog
thanks. .
regards
Ashab
Grosir Selimut Murah Surabaya
Supplier Sprei Surabaya

Anonim mengatakan...

mas, saya bikin game kyk gini
-musuh1 = create event = health 20
= no more health = destroy the instance
-musuh2 = create event = health 15
= no more health = destroy the instance
saya bingung disini, jika musuh1 mati, mengapa musuh2 juga ikut mati?
dan musuh2 mati, mengapa musuh1 juga ikut mati?

Dewa Poker Online mengatakan...

Wow keren bgt min.. Thx infonya ya min

Posting Komentar

Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!

terima kasih....,