membuat enemy dengan kecerdasan buatan

Posted by abdul azis On Selasa, 28 September 2010 4 komentar

Membuat pesawat musuh dalam game scrolling shooter (Tipe-C)
Setelah pada tutorial game maker sebelumnya kamu telah berhasil membuat pesawat musuh yang bisa menembak (Pesawat Tipe-B). Pada tutorial game maker kali kamu akan belajar membuat pesawat musuh Tipe-C yang bisa menembakan pelurunya lebih pintar lagi.
Tidak seperti pesawat tipe-B yang hanya bisa menembakan lurus kedepan saja, pesawat tipe-C ini bisa mendeteksi dimana pesawat kita berada sehingga menembakan pelurunya tidak asal-asalan. Ikutilah tutorial dibawah ini untuk mengetahui bagaimana cara pembuatannya.

Membuat sprite untuk pesawat musuh
1. Untuk sprite pesawat musuh kamu bisa menggunakan gambar duplikat yang sudah diedit agar tampak berbeda.
2. Pada menu sprite klik kanan sprite “spr_musuh2” ---) lalu pilih duplicate dan berilah nama sprite tersebut dengan nama “spr_musuh3”.
3. klik tombol “edit sprite” ---) kemudian pilih menu Images ---) Colorize.
4. Ubahlah warna pesawat tersebut sesuai keinginan kamu, saya mengubah warna pesawat menjadi kuning.
5. Kemudian klik tombol Ok, urusan mengenai sprite sudah selesai.



Membuat Objek peluru pesawat musuh
6. Untuk membuat objek peluru pesawat musuh, kamu bisa menggunkan objek duplikat dari “obj_bullet1”.
7. Klik kanan pada objek “obj_bullet1” ---) kemudian pilih menu duplicate ---) berilah nama objek tersebut dengan nama “obj_bullet2”.
8. Ubahlah script yang ada pada Event Create menjadi seperti yang ada dibawah ini:

if instance_number(obj_pesawat)>0 //jika pesawat ada pada layar game
{ //maka
/* bergeraklah ke titik koordinat x dan y origin pesawat dengan kecepatan sebesar 8 */
move_towards_point(obj_pesawat.x,obj_pesawat.y,8)
}
else //jika pesawat tidak ada pada layar game
{
vspeed = 7 //set kecepatan peluru menjadi 7
}

Membuat objek pesawat musuh
9. Lagi-lagi kita bisa menggunkan fungsi duplikat untuk membuat objek pesawat musuh tipe-C.
10. Klik kanan Objek “obj_musuh2” ---) kemudian pilih “duplicate” ---) berilah nama objek tersebut dengan nama “obj_musuh3”.
11. Ubahlah sprite obj_musuh tiga dari yang asalnya spr_musuh2 menjadi spr_musuh3.
12. Terakhir kita harus sedikit melakukan perubahan pada script/execute code yang ada di Event Step.
13. Buka script yang ada di Event Step kemudian carilah script seperti yang dibawah ini (letak script ada dibawah):

if floor(random(30))=0 //jika nilai dari random = 0 dari kemungkinan sebesar 30
{ //maka
instance_create(x,y,obj_bullet1); //buat obj_bullet1
}

ubahlah script diatas menjadi seperti dibawah ini:

if floor(random(45))=0
{
instance_create(x,y,obj_bullet2); //buat obj_bullet2
}

14. Semua persiapan sudah beres, kamu bisa menempatkan pesawat tipe-C ini dimanapun kamu suka.
15. Sebagai bahan referensi dan contoh, kamu bisa mendownload versi .gmknya pada link dibawah ini [pesawat Tipe-C.gmk]

4 komentar:

norik pradana mengatakan...

obj bullet itu tutorial yg ke berapa

Kames Wara mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kames Wara mengatakan...

If floor(random(45))=0//fungsinya apa bg?
jlasin dong..

Kames Wara mengatakan...

If floor(random(45))=0//fungsinya apa bg?
jlasin dong..

Posting Komentar

Silahkan masukan e-mail Anda pada kotak subscribe lewat e-mail untuk segera mengetahui jawaban dari saran-saran serta pertanyaan yang Anda ajukan!

terima kasih....,